Sep 13, 2012

Jambu Air Citra

Jambu air citra
Kita awali tulisan ini dengan membahas tentang jambu air citra. Mungkin ada juga yang belum tahu mengenai jenis jambu air ini. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang sejarah jambu air citra.

Menilik dari sejarahnya, jambu air citra sering juga disebut dengan jambu air thailand ditemukan oleh Dr. Ir. Moh. reza Tirtawinata yang merupakan staf ahli di Taman Wisata Buah Mekarsari, bogor) pada tahun 1990. Varietas ini merupakan varietas unggul nasional yang mempunyai ciri di antaranya memiliki ukuran buah yang relatif besar dan menyerupai lonceng, dengan berat rata-rata 250 gram per buah, kulit buah berwarna merah mengkilat, daging buah tebal, tidak berbiji, dan rasanya manis. Jambu air citra dibawa ke Thailand pada tahun 1999 dan mulai dibudidayakan secara luas. Di Thailand, jambu air citra lebih dikenal dengan nama Thong Sam Sie yang artinya emas tiga warna. Hingga saat ini, jambu air citra menjadi varietas unggul di Thailand. Selain Thailand, jambu air ini juga telah dibudidayakan di Taiwan, Vietnam, dan Malaysia (sumber: http://www.mekarsari.com/index.php?option=com_content&view=article&id=189%3Ajambu-air&catid=40%3Abuah-produksi&Itemid=97&lang=en).

Di Indonesia, jambu air ini belum dikenal secara luas. Bahkan banyak yang mengira bahwa jambu air citra merupakan buah impor dari Thailand, termasuk saya sendiri. Salah satu kawasan yang diketahui telah membudidayakan jambu air citra adalah Cirebon. Rasanya yang manis dan bentuk buah yang menarik membuat jambu air citra diminati oleh banyak konsumen, baik di sekitar Cirebon maupun daerah-daerah lain di sekitarnya. Awalnya saya pun penasaran dengan rasa jambu air citra ini. Setelah di ajak ke kebun dan memetik langsung dari pohonnya, ternyata rasanya memang tidak kalah dari buah impor. Jadi selamat mencoba.

(LN)

No comments:

Post a Comment